Museum Lukis Dullah-10

Sewa mobil Solo ke Museum Batik Danarhadi. Indonesia memiliki beragam budaya dan adat istiadat yang dikagumi oleh wisatawan mancanegara. Begitu pula dengan secarik kain khas Indonesia yang menjadi kebanggaan bangsa dan negara yaitu batik. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang batik, Anda bisa berkunjung ke Museum Batik DanarHadi yang terletak di Jalan Slamet Riyadi nomor 261-263 Surakarta. Letak museum sangat strategis karena berada di jalan utama Kota Solo, sehingga Anda bisa berjalan-jalan melihat kota terlebih dahulu sebelum berkunjung ke museum.

Wisata mengelilingi kota sambil berkunjung ke lokasi tertentu akan lebih mudah jika menggunakan transportasi milik pribadi. Namun jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri bisa pula memakai jasa sewa mobil Solo yang banyak ditawarkan di situs online atau menanyakan informasinya ke pihak penginapan. Anda pun dapat mempertimbangkan memakai jasa sopir untuk menemani berkeliling kota yang kental dengan nuansa Jawanya ini. Nah, jangan lupa pula untuk mengenal batik lebih dekat dengan mengunjungi Museum Batik DanarHadi.

Museum Batik Danar Hadi didirikan sejak tahun 1967 oleh pasangan suami istri pengusaha batik bernama H. Santosa Doellah dan Hj. Danarsih Santosa. Keduanya sangat mencintai batik sebagai identitas budaya Indonesia dan ingin memberikan sumbangsih berupa pendirian museum tersebut. Danar Hadi diambil dari nama orangtua, yaitu Danarsih dan H. Hadipriyono. Di museum ini terdapat banyak koleksi batik lokal dan luar negeri sejak zaman penjajahan Belanda sampai era Indonesia merdeka. Pengunjung bisa melihat koleksi-koleksi batik kuno tersebut yang dipamerkan di galeri.

Beberapa koleksi batik kuno yang menarik perhatian pengunjung museum antara lain Batik Belanda (tahun 1840-1910), Batik Cina (sebelum dan setelah tahun 1910), Batik Djawa Hokokai (tahun 1942-1945), Batik Keraton (dari Istana Keraton Surakarta dan Yogyakarta), Batik Indonesia (tahun 1950) dan Batik Wonogiren (tahun 1966-1975). Adapun museum ini memiliki 10 ribu helai kain batik sehingga dianugerahi penghargaan sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak oleh MURI. Tak heran jika pengunjung puas mengelilingi seluruh galeri museum ini karena beragam koleksi batik beraneka corak dan warna yang dipamerkan.

Para pengunjung Museum Batik Danar Hadi dikenakan tarif senilai 30 ribu rupiah untuk umum, sedangkan pelajar dikenakan tarif senilai 15 ribu rupiah. Museum Batik Danar Hadi buka setiap harinya dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00. Berkunjung ke museum ini bisa dibilang paket lengkap karena pengunjung mendapat pengetahuan tentang batik, bisa berfoto-foto dan belajar membatik, berbelanja, wisata kuliner serta menikmati suasana museum yang menyenangkan. Dibagian lain kompleks museum terdapat gedung serbaguna yang bisa dipakai sebagai tempat resepsi pernikahan atau acara lainnya.

Jika tertarik mempelajari cara membatik, Anda dapat melihat pabrik batik tulis dan cap yang berada di belakang kompleks museum. Pengunjung bisa belajar membatik atau sekedar memperhatikan proses membatik yang dilakukan oleh para karyawan disana. Apabila merasa lelah setelah melihat beragam batik yang ada, pengunjung bisa mampir ke Cafe Soga yang terletak di sebelah museum. Anda dapat mengisi perut dengan menu makanan dan minuman yang harganya terjangkau.

Adapun pengunjung museum juga dapat membeli cendera mata khas Solo untuk oleh-oleh bagi teman dan rekan kerja. Bagaimana, tertarik mengunjungi museum ini? Silakan gunakan jasa rental mobil Solo untuk mampir ke museum kebanggaan masyarakat Solo ini.

 Sewa mobil Solo menuju Museum Batik Danar Hadi. Museum batik ini memiliki beragam koleksi batik kuno lokal dan luar negeri yang dipamerkan di galerinya.

 

 

 

Leave a comment